Rabu, 27 April 2016

Perawatan Gangguan Pendengaran (Versi Bahasa Indonesia)

 Oleh Manfred Stoifl (Hearing Aid Acoustician) AAHA, 

Vienna, Austria



Perkembangan terakhir dalam solusi gangguan pendengaran yang menggabungkan pendekatan yang unik dari pemeriksaan dan memilih alat, dengan pilihan-pilihan alat bantu dengar yang dapat tersambung secara nirkabel ke perangkat iPhone, iPad, Macintosh ataupun Android yang dimiliki pasien.


Tes pendengaran dan pilihan alat bantu dengarkini telah berubah, setidaknya sejauh PT.ABDI pikirkan. Teknologi alat bantu dengar dan harga yang tersedia terbagi dalam beberapa kategori. Kategori ini tidak ditentukan oleh konsultan kami ataupun oleh pasien, namun berdasarkan data pengukuran yang objektif yang diperoleh konsultan dari pasien.


Kemudahan yang diberikan kepada setiap pasien untuk beradaptasi terhadap perangkat pendengaran dan jangka waktu yang dibutuhkan setiap individu juga dapat dievaluasi sebelumnya berdasarkan penilaian kemampuan auditory pusat.



Setiap pasien akan menjalani 3 macam tes:

  • Pertama, tes pendengaran mendalam dijalankan untuk menentukan seberapa besar gangguan pendengaran dalam semua frekuensi spektrum pendengaran. Tes ini akan menentukan berapa channel, merupakan hal yang paling penting dalam menentukan harga alat bantu dengar, banyaknya channel sangatlah penting dalam alat bantu dengar untuk menggantikan dan menyesuaikan dengan gangguan pendengaran di seluruh frekuensi.

  • Langkah kedua, tes Level Kebisingan (Noise level test), untuk menentukan pada level kebisingan manakah yang dapat ditoleransi oleh pasien dalam sebuah percakapan dan masih dalam keadaan nyaman. Hal ini akan menentukan kerincian dan tingkat pengurangan kebisingan dan peningkatan percakapan merupakan salah satu penentu dalam harga alat bantu dengar yang dapat menjadi panduan untuk pasien.

  • Tes ketiga adalah audiogram pendengaran pusat, yang akan memberikan informasi penting dalam tingkatan kekurangan pendengaran yang telah dialami pasien. Berdasarkan tes ini kami dapat memprediksikan waktu dan usaha yang akan diperlukan pasien untuk terbiasa lagi dengan mendengar semua suara-suara dalam keseharian.

Hal ini bukan berarti pasien tidak dapat menentukan atau memberikan masukan dalam memilih alat bantu dengar dan biaya yang dibutuhkan. Pasien dapat memilih dari pilihan fitur-fitur yang beragam dan pasien akan mengetahui apakah dari semua fitur-fitur ini akan bermanfaat dalam aktifitas keseharian pasien. Pasien juga dapat memilih beragam gaya dan ukuran pada alat bantu dengar berdasarkan preferensi pemakaian dan kebutuhan estetika. Menerima dan mendengarkan panggilan telepon selular langsung melalui alat bantu dengar anda hanyalah salah satu kelebihan dari pilihan-pilihan yang sangat berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar