Rabu, 27 April 2016

Pusat Alat Bantu Dengar (Versi Bahasa Indonesia)


 Oleh Manfred Stoifl (Hearing Aid Acoustician) AAHA, Vienna, Austria


Pusat alat bantu dengar bukan hanya tempat penjualan alat bantu dengar. Melainkan, pusat alat bantu dengar yang bagus tidak hanya mengutamakan penjualan alat bantu dengar. Fungsi utama dari pusat alat bantu dengar adalah sebagai tempat konsultasi pasien dan memberikan solusi untuk masalah-masalah gangguan pendengaran, dengan menyediakan tes pendengaran untuk memberikan penjelasan mendalamkepada pasien dan memeberikan solusi pendengaran yang berguna.

Memberikan saran kepada pasien untuk mendapatkan solusi pendengaran yang sesuai dari sisi teknologi dan sisi penampilan merupakan kunci penting dari pelayanan, membantu dalam menyesuaikan pasien dengan alat bantu dengar selama proses mendengar dan pelatihan dalam pusat auditory apabila dibutuhkan. Hal yang terpenting pusat alat bantu dengar tidak akan berhenti memebrikan pelayanan setelah pasien mendapatkan alat bantu dengarnya, namun pelayanan akan terus diberikan selama pasien masih butuhkan.

Memilih pusat alat bantu dengar sangatlah penting untuk kepuasan jangka panjang pasienbukan hanya alat bantu dengarnya itu sendiri.
Tujuan utama dari konseling adalah untuk mengetahui seberapa jauh gangguan pendengaran yang dialami oleh pasien. Hanya bila konsultan dan pasien benar-benar memahami dampak dari pendengaran terhadap kehidupan pasien, baru intervensi yang sukses mungkin dapat dilakukan.

Tes pendengaran dilakukan untuk mendapatkan status pendengaran pasien yang tepT pada frekuensi yang berbeda. Hal ini sangat penting untuk menentukan seberapa besar kekuatan dan berapa channel pada prosesor suara yang diperlukan untuk menyediakan penggantian dan mengembalikan kemampuan mendengar dalam spektrum frekuensi yang luas dan secara efektif.

Tes mendengar dalam kebisingan akan memberikan informasi dalam seberapa sensitif seorang pasien dalam mendengar percakapan dengan latarbelakang suara yang bising. Informasi ini akan menentukan seberapa kompleks pengurangan kebisingan pada alat bantu dengar dan peningkatan pada percakapan yang dibutuhkan untuk memberikan lingkungan pendengaran yang nyaman, walaupun dalam kebisingan.

Untuk menguji kemampuan pasien untuk bekerja dengan sinyal auditory dan untuk menentukan tingkatan kehilangan pada auditory, tes persepsi auditory pusat akan dilakukan. Dimana hasil dari tes ini akan membantu kami untuk menentukan seberapa besar waktu dan bantuan yang dibutuhkan seorang pasien untuk dapat terbiasa dengan alat bantu dengarnya dan untuk mencapai kemampuan pendengaran yang maksimal.

Untuk menggantikan gangguan pendengaran seorang pasien hanyalah salah satu kriteria dalam memilih alat bantu dengar yang tepat. Kebutuhan dalam teknologi dan estetika sama pentingnya untuk kenyamanan jangka panjang. Sekarang ini alat bantu dengar dilengkapi teknologi dengan komputerisasi mini dan dilengkapi dengan beragam pilihan dan fitur-fitur. Hal ini  merupakan tanggung jawab dari pusat alat bantu dengar untuk menunjukan dan menjelaskan semua pilihan-pilihan yang tersedia sehingga pasien dapat memilih mana yang sesuai dengan kebutuhannya dan menyeleksi fitur-fitur yang tidak diinginkan.

Sama pentingnya dengan pilihan gaya. Alat bantu dengar bekerja setiap waktu dan setiap hari, sehingga pilihan gaya, ukuran dan warna sangatlah penting untuk seorang pasien.
Pendengaran pasien akan berubah seiring dengan waktu, sesuai dengan adaptasi pada alat bantu dengarnya atau pun dikarenakan dengan penurunan kemampuan pendengaran alami, sama halnya dengan performa alat bantu dengar akan bervariasi dikarenakan pengaruh lingkungan dan keausan alat bantu dengar tersebut. Hal ini merupakan tanggung jawab dari pusat alat bantu dengar untuk memberikan dukungan kepada paseian dalam mengatasi permasalahan perubahan tersebut dan selalu memastikan pendengaran yang terbaik.
Pemeriksaan yang rutin dalam pendengaran pasien dan performa alat bantu dengar sangatlah penting untuk kepuasan jangka panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar