Oleh Manfred Stoifl (Hearing Aid Acoustician) AAHA, Vienna,
Austria
Pusat alat bantu dengar bukan hanya tempat penjualan
alat bantu dengar. Melainkan, pusat alat bantu dengar yang bagus tidak hanya mengutamakan
penjualan alat bantu dengar. Fungsi utama dari pusat alat bantu dengar adalah
sebagai tempat konsultasi pasien dan memberikan solusi untuk masalah-masalah gangguan
pendengaran, dengan menyediakan tes pendengaran untuk memberikan penjelasan
mendalamkepada pasien dan memeberikan solusi pendengaran yang berguna.
Memberikan saran kepada pasien untuk mendapatkan solusi
pendengaran yang sesuai dari sisi teknologi dan sisi penampilan merupakan kunci
penting dari pelayanan, membantu dalam menyesuaikan pasien dengan alat bantu
dengar selama proses mendengar dan pelatihan dalam pusat auditory apabila
dibutuhkan. Hal yang terpenting pusat alat bantu dengar tidak akan berhenti
memebrikan pelayanan setelah pasien mendapatkan alat bantu dengarnya, namun
pelayanan akan terus diberikan selama pasien masih butuhkan.
Memilih pusat alat bantu dengar sangatlah penting untuk
kepuasan jangka panjang pasienbukan hanya alat bantu dengarnya itu sendiri.
Tujuan utama dari konseling adalah untuk mengetahui seberapa jauh gangguan
pendengaran yang dialami oleh pasien. Hanya bila konsultan dan pasien
benar-benar memahami dampak dari pendengaran terhadap kehidupan pasien, baru
intervensi yang sukses mungkin dapat dilakukan.
Tes pendengaran dilakukan untuk mendapatkan status
pendengaran pasien yang tepT pada frekuensi yang berbeda. Hal ini sangat
penting untuk menentukan seberapa besar kekuatan dan berapa channel pada
prosesor suara yang diperlukan untuk menyediakan penggantian dan mengembalikan kemampuan
mendengar dalam spektrum frekuensi yang luas dan secara efektif.
Tes mendengar dalam kebisingan akan memberikan informasi
dalam seberapa sensitif seorang pasien dalam mendengar percakapan dengan
latarbelakang suara yang bising. Informasi ini akan menentukan seberapa
kompleks pengurangan kebisingan pada alat bantu dengar dan peningkatan pada
percakapan yang dibutuhkan untuk memberikan lingkungan pendengaran yang nyaman,
walaupun dalam kebisingan.
Untuk menguji kemampuan pasien untuk bekerja dengan
sinyal auditory dan untuk menentukan tingkatan kehilangan pada auditory, tes persepsi
auditory pusat akan dilakukan. Dimana hasil dari tes ini akan membantu kami
untuk menentukan seberapa besar waktu dan bantuan yang dibutuhkan seorang
pasien untuk dapat terbiasa dengan alat bantu dengarnya dan untuk mencapai
kemampuan pendengaran yang maksimal.
Untuk menggantikan gangguan pendengaran seorang pasien
hanyalah salah satu kriteria dalam memilih alat bantu dengar yang tepat.
Kebutuhan dalam teknologi dan estetika sama pentingnya untuk kenyamanan jangka
panjang. Sekarang ini alat bantu dengar dilengkapi teknologi dengan
komputerisasi mini dan dilengkapi dengan beragam pilihan dan fitur-fitur. Hal
ini merupakan tanggung jawab dari pusat
alat bantu dengar untuk menunjukan dan menjelaskan semua pilihan-pilihan yang
tersedia sehingga pasien dapat memilih mana yang sesuai dengan kebutuhannya dan
menyeleksi fitur-fitur yang tidak diinginkan.
Sama pentingnya dengan pilihan gaya. Alat bantu dengar
bekerja setiap waktu dan setiap hari, sehingga pilihan gaya, ukuran dan warna
sangatlah penting untuk seorang pasien.
Pendengaran pasien akan berubah seiring dengan waktu, sesuai dengan
adaptasi pada alat bantu dengarnya atau pun dikarenakan dengan penurunan kemampuan
pendengaran alami, sama halnya dengan performa alat bantu dengar akan
bervariasi dikarenakan pengaruh lingkungan dan keausan alat bantu dengar
tersebut. Hal ini merupakan tanggung jawab dari pusat alat bantu dengar untuk
memberikan dukungan kepada paseian dalam mengatasi permasalahan perubahan
tersebut dan selalu memastikan pendengaran yang terbaik.
Pemeriksaan yang rutin dalam pendengaran pasien dan
performa alat bantu dengar sangatlah penting untuk kepuasan jangka panjang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar